BADAN KEUANGAN

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Gali Potensi Pad, Pemkab Lima Puluh Kota Gelar Rakor Tim Terpadu Peningkatan Pendapatan Daerah

Admin
Kamis, 21 September 2023
154 Dibaca
...

Lima Puluh Kota, Sarilamak - Dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui potensi yang ada, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, menggelar Rapat Koordinasi bersama tim terpadu peningkatan asli daerah. Rapat koordinasi ini merupakan kelanjutan dari rapat Tim Terpadu pada hari Selasa tanggal 19 September 2023.

Tim Terpadu Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota di bentuk dengan SK Bupati No797/245/BUP-LK/VIII/2023. Kegiatan Rakor ini dibuka oleh Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo SH di Ruang rapat Bupati Rabu (20/09/23) Bupati didampingi Sekda Widya Putra, S.Sos, MSi Asisten Administrasi Umum Drs. A.Zuhdi Prama Putra, Msi, Kepala Badan Keuangan Win Hari Endi, SE.MM, serta dihadiri juga beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, Rakor ini digelar sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), melalui usaha intensifikasi dan ekstensifikasi pemungutan pajak dan retribusi daerah.“Ada banyak sumber-sumber pendapatan yang berpotensi untuk digali oleh OPD terkait. Bupati menambahkan, dalam meningkatkan kembali efisiensi dan efektivitas pemungutan pendapatan daerah, dilakukan antara lain dengan perbaikan sistem dan prosedur. atau dapat dikembangkan pembayaran dengan sistem online.

“Salah satu yang jadi perhatian kita perusahan-perusahaan dan pengusaha yang ada di daerah Kabupaten Lima Puluh Kota digerakkan, semua untuk mengurus izin. Sehingga kedepannya mereka dapat membayar pajak atas kegiatan usahanya. “Inilah yang harus kita dorong, kita wajibkan ke mereka. Dengan demikian ini salah satu wujud upaya kita bersama bagaimana meningkatkan pendapatan daerah dari pembayaran pajak tersebut,” lanjut Bupati.

Rakor ini harus menjadi ruang diskusi dan koordinasi  bagi seluruh anggota tim, khususnya dalam mencari solusi peningkatan partisipasi publik untuk mendongkrak serta mengoptimalkan sumber pendapatan daerah di Kabupaten berdasarkan potensi yang dimiliki. Bupati berharap, dari dilaksanakannya Rakor ini, Badan Keuangan saling bersinergi dengan OPD terkait dalam membangun kerjasama dan jaringan koordinasi yang terarah dan efektif. Dengan tujuan untuk meningkatkan penerimaan pendapatan asli daerah. baik itu dari sektor pajak, maupun retribusi daerah dan menciptakan sistem mekanisme kerja yang memaksimalkan fungsi dan peranan semua elemen penghasil pendapatan daerah. Juga dapat mencegah celah kebocoran pada penerimaan pendapatan daerah di Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Saya minta rapat pada hari ini ada notulennya, sehingga hal-hal yang kita bahas pada hari ini, ada catatan untuk  bahan pada rapat selanjutnya. Maka apabila akan memulai rapat selanjutnya sudah melihat catatan dari Notulen untuk melakukan perencanaan kedepannya,” kata dia.Bupati menegaskan kepada OPD terkait, masing-masing untuk membuat rencana aksi yang nantinya akan dibahas bersama-sama.

“Mari melalui rakor ini kita sampaikan masalah-masalah yang terkait bagaimana meningkatkan pendapatan daerah kita. Bagaimana membangun sarana-prasarana yang semestinya kita miliki, yang sebenarnya bisa kita jadikan sumber-sumber pendapatan daerah,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Keuangan Kabupaten Lima Puluh Kota, Win Hari Endi, SE.MM melaporkan, bahwa Badan Keuangan memiliki tanggung jawab besar dalam menciptakan ruang koordinasi dan jejaring kerja yang mampu mengakomodir berbagai upaya peningkatan pendapatan daerah secara terarah.

“Rakor ini secara rutin akan dilaksanakan, karena Rakor ini dilaksanakan sebagai sarana koordinasi lintas OPD, rekonsiliasi data Teknik informasi serta peraturan progres realisasi pendapatan asli daerah di Kabupaten Lima Puluh Kota. Melalui rakor ini diharapkan menjadi jembatan lintas OPD untuk memunculkan inovasi yang bermanfaat dalam meningkatkan pendapatan Asli daerah di Kabupaten Lima Puluh Kota (Bid.P3EPD/BK/LK)

Berita terkait
share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback